Lingkungan Tercemar

Lingkungan yang tercemar disebabkan pola hidup manusia yang semakin hari semakin tidak teratur. Contoh penggunaan sampah plastik yang meningkat berpuluh-puluh tin setiap harinya. Hal memberikan dampak yang sangat besar bagi lingkungan maupun kesehatan manusia itu sendiri. Untuk itu simak artikel kesehatan sehatQ.com untuk mengetahui lebih luas tentang kesehatan dan lingkungan.

5 Dampak Yang Ditimbulkan Dari Lingkungan Yang Tercemar Dan Tidak Terawat

1. Terganggunya Keseimbangan Lingkungan

Tercemarnya lingkungan dengan adanya limbah industri yang dibuang ke sungai serta asap pabrik yang berhamburan kemana-mana dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Hal tersebut dikarenakan pada mulanya lingkungan baik-baik saja namun karena perbuatan manusia menjadi berubah tidak baik.

2. Punahnya Berbagai Spesies Binatang Dan Tubuh-Tumbuhan

Lingkungan yang tercemar juga dapat berdampak pada tumbuhan dan hewan yang berada di sekitar. Dengan polusi saja dapat membunuh beberapa jenis flora dan fauna. Hal ini disebabkan oleh keadaan dan kekebalan dari hewan maupun tumbuhan tersebut berbeda-beda untuk dapat mempertahankan diri.

Dengan punahnya berbagai spesies tumbuhan dan hewan akan dapat merugikan manusia. Misalnya terjadi kepunahan terhadap pohon kayu besar yang memiliki kualitas kayu yang tinggi serta rindang. Maka manusia akan rugi karena tidak dapat merasakan manfaat dari pohon tersebut. Kunjungi artikel kesehatan sehatQ.com untuk mengetahui info ini secara lengkap.

 3. Gampang Malas

Lingkungan yang kotor dapat membuat kebanyakan orang jadi malas. Karena perasaan akan bercampur aduk saat melihatnya. Selain itu dengan adanya lingkungan kotor juga mengurangi ada nya motivasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu jika anda memiliki lingkungan yang kotor agar selalu dibersihkan agar mendapatkan energi positif dari itu.

4. Berkurangnya kesuburan Tanah

Lingkungan yang kotor dan tercemari juga dapat menyebabkan kurangnya kesuburan tanah yang disebabkan penggunaan insektisida yang berlebihan. Penggunaan insektisida yang sedikit namun dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dapat mengurangi undur tanah sedikit demi sedikit. Hal ini merupakan pencemaran lingkungan yang sanggat tidak sehat.

Contohnya penggunaan insektisida oleh para petani untuk mengusir hama yang terdapat pada tanaman padi maupun sayur-sayuran yang di tanamannya. Terlebih lagi para petani lebih mengandalkan bahan kimia tersebut untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah sehingga sangat sering menggunakan insektisida secara berlebihan.

5. Mudah Terserang Penyakit

Lingkungan yang tercemar baik itu dari ai, polisi dan yang lain sebagainya dapat dengan mudah terserang oleh penyakit. Hal tersebut disebabkan beberapa bakteri yang dapat menimbulkan penyakit lebih suka hidup di lingkungan kotor dan tercemar. Misalnya nyamuk Aides Aegypty yang dapat menyebabkan demam berdarah.

Oleh karena itu usahakan agar lingkungan tidak tercemar, terutama di lingkungan tempat tinggal anda. Selalu hindari polusi serta makan makanan yang sehat agar anda terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat dan tercemar. Untuk tahu penyakit apa saja yang disebabkan lingkungan tercemar anda bisa mengunjungi artikel kesehatan sehatQ.com.

Diantaranya penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh lingkungan yang tercemar adalah, diare, kanker paru-paru, typus, serta demam berdarah. Tingginya intensitas penyakit tersebut dikarenakan udara yang tidak bersih, lingkungan yang kotor sehingga nyamuk dapat berkembang baik di tempat tersebut, serta makanan yang tidak bergizi dan higienis.

Beberapa ulasan diatas mulai dari terganggunya keseimbangan lingkungan sampai dengan berkurangnya kesuburan tanah, merupakan penyebab tercemarnya lingkungan. Sebagian besar lingkungan yang tercemar diakibatkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Seperti membuang sampah sembarangan dan lain sebagainya.