6 Cara Mempercepat Koneksi WiFi, Internetan jadi Lebih Lancar!

Mempercepat Wifi
Sumber: pinterest.com


Di era modern saat ini, WiFi sepertinya telah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Terbukti di kehidupan kita sehari-hari. Contohnya, ketika pergi ke restoran atau kafe, hal yang pertama kali ditanyakan oleh konsumen bukanlah menu makanan, melainkan ada tidaknya layanan koneksi WiFi.

Begitu pentingnya WiFi bagi kehidupan masyarakat, tak jarang jika banyak orang yang kecanduan. Sayangnya, saat koneksi Wifi sering lambat atau lemot kerap membuat aktivitas internetan jadi terganggu. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah, yakni dengan melakukan beberapa cara berikut ini.




1.    Cek Kecepatan Internet

 
Cek Speed Internet
Sumber: pinterest.com

Ketika koneksi internet WiFi lambat, kamu tentu harus mengetahui penyebabnya. Salah satunya dengan mengecek kondisi kecepatan pada internet WiFi. Kalau ternyata koneksi internetnya terhambat tapi kamu tidak menemukan sama sekali masalah pada router-nya. Maka kemungkinan besar koneksi internet lambat dikarenakan dari penyediaan layanan internet yang digunakan.

2.    Ubah Pengaturan Pada DNS Komputer

 
Ganti DNS
Sumber: pinterest.com

DNS merupakan sebuah sistem yang berperan untuk menyimpan segala informasi tentang nama domain pada komputer yang memakai jaringan IP atau TCP. Supaya koneksi internet WiFi kamu lancar, maka ubahlah pengaturan pada DNS komputer lewat DNS Google. Jika setelah melakukan perubahan DNS komputer tapi koneksi internet WiFi masih lemot, ada baiknya lakukan reset flushing DNS dan jaringan.

3.    Taruh Router di Tempat yang Jauh Dari Barang Elektronik

 
Router
Sumber: pinterest.com

Setiap barang elektronik mempunyai sinyal elektromagnetik seperti sinyal elektromagnetik dari handphone, TV, dan microwave. Sebenarnya, sinyal-sinyal ini dapat menghambat sinyal koneksi WiFi yang berada di dalam ruangan. So, untuk mendapatkan sinyal koneksi yang lebih baik, usahakanlah untuk menaruh router WiFi yang jauh dari perangkat-perangkat elektronik lainnya.

4.    Setting Software Router

 
Aplikasi Router

Sumber: pinterest.com

Men-setting software router dipercaya bisa membuat koneksi WiFi Internet jadi lebih stabil dan tidak lemot. Akses untuk menuju software ini, kamu bisa membuka IP khusus yang dapat dilihat dari bagian bawah pada router. Setelah kamu sudah memasuki mode pada pengaturan, ubahlah channel frekuensi router. Kamu bisa memilih channel 11 dan 1,6 buat koneksi Wifi yang lebih lancar. Selain itu, periksa juga update terbaru di firmware-nya ya, geng.

5.    Letakkan Router di Tempat Terbuka

Sumber: pinterest.com
Meletakkan router di tempat yang terbaik juga bakal membuat jaringan koneksi WiFi jadi lebih stabil dan lancar. Daripada menyimpan tenda WiFi di ruang yang tertutup, lebih baik simpan di ruangan yang terbuka dengan kondisi yang tidak berbatasan dengan pintu atau dinding. Cara yang paling simple adalah dengan meletakkan router di ruang yang dapat di tengok dari berbagai sudut pandang.

6.    Pastikan Posisi Antena Pada Router Benar

 
Antena Router
Sumber: pinterest.com

Hal yang sering tidak disadari oleh banyak orang yang membuat koneksi WiFi lemot adalah posisi antena pada router yang tidak benar. Pastikan posisi antena pada router milikmu berdiri dengan tegak, tidak miring ke samping atau ke depan. Sehingga router-pun jadi lebih mudah saat akan menangkap sinyal serta menyalurkan sinyal koneksi ke perangkat yang digunakan. Oh iya, pastikan juga kabel router milikmu dalam kondisi baik. Jika kulit kabel mengelupas atau kabelnya putus, lebih baik segera perbaiki supaya sinyal internet tidak lemot dan melemah.

Semoga dengan cara-cara ini masalah koneksi WiFi yang lemot segera terselesaikan dan berjalan dengan lancar ya, geng.

Posting Komentar

0 Komentar