Pertolongan Pertama Saat Anak Muntah-Muntah

Obat Muntah Anak Goapotik

Sebagai orang tua, anda pastinya sangat khawatir jika anak mendadak mengalami muntah-muntah. Mual dan muntah bisa dipicu oleh banyak hal.  Ada banyak jenis obat muntah anak di apotik yang bisa didapat dengan mudah. Tetapi bagaimana jika anak muntah dan mual sedangkan anda belum mempunyai stok obat mual untuk anak anda. Jangan khawatir ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memberi pertolongan pertama kepada anak anda. 
 
Berikut adalah langkah dan pertolongan pertama yang bisa orang tua lakukan jika anak anda mengalami muntah-muntah. 
 
1.    Posisikan anak dalam posisi membungkuk
Apabila tiba-tiba anak anda mengalami muntah-muntah, segera posisikan untuk membungkuk. Posisi ini bertujuan agar isi perut bisa lebih mudah keluar lewat kerongkongan anak. Jika dalam posisi berdiri dikhawatirkan dapat keluar lewat saluran yang lain seperti hidung. 
 
2.    Tunggu hingga mual dan muntah selesai atau agak mereda
Tunggulah sampai reaksi muntah-muntah anak anda agak mereda. Atau paling tidak tidak ada lagi yang keluar dari mulut anak. Hal ini bertujuan agar kontraksi pada otot lambung dan perut selesai atau mereda. Jika masih ada makanan di perut biasanya otot lambung akan terus berkontraksi. 
 
3.    Jika sudah mereda berikan minuman
Jika sekiranya mual dan muntah sudah agak mereda, anda dapat memberikan air minum ke anak anda. Sebaiknya berikan air putih hangat. Hal ini bertujuan untuk menetralisir lambung dan menghilangkan rasa asam pada mulut. 
 
4.    Segeralah beri obat dan beristirahat
Jika dirasa mual dan muntah sudah mereda, segera antar anak anda untuk beristirahat. Sebaiknya posisikan tubuh anak pada posisi terlentang atau miring. Jangan posisikan dalam kondisi tengkurap. 
 
5.    Berikan minyak aromaterapi ke anak anda seperti minyak kayu putih, minyak telon, minyak mint, dan sebagainya. 
 
6.    Cari tahu penyebab anak mengalami muntah-muntah
Selain karena faktor makanan, mual dan muntah juga bisa dikarenakan efek eksternal seperti obat. Contohnya adalah obat polip hidung modexa. Bisa juga karena masuk angin atau mabuk perjalanan.

Posting Komentar

0 Komentar