Merawat Keluarga yang Menderita Diabetes Melitus

Guesehat

Salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang Indonesia adalah Diabetes Melitus. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah ini bisa menyerang setiap orang meski umumnya dialami oleh orang tua. Tak hanya itu, diabetes juga bisa menjadi komplikasi apabila tidak dirawat sejak dini. Namun, sudah tahukah Anda cara untuk merawat pasien diabetes? Sebab, merawat pasien diabetes tidak sekadar mencari obat dengan beli disini (goapotik) atau di apotik terdekat saja melainkan juga harus dilakukan dengan cara yang tepat

Pilih Makanan dengan Kandungan Serat yang Tinggi
Selama ini, makanan dengan kandungan serat yang tinggi dikenal baik bagi tubuh manusia. Ya, kandungan serat yang tinggi sangat berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Tapi, tak hanya itu, makanan dengan kandungan serat yang tinggi juga sangat berguna bagi Anda para penderita diabetes melitus.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membantu para penderita diabetes agar tidak terlalu sering mengonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti nasi. Selain itu, makanan berserat juga telah teruji mampu mengurangi lemak darah dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah melalui pengurangan resistensi insulin. Beberapa makanan dengan kandungan serat yang tinggi dan bisa Anda pilih antara lain seperti sayuran, kacang polong dan buah-buahan.

Hindari Stress
Para penderita diabetes umumnya akan fokus menjaga asupan nutrisi sehari-harinya untuk mengontrol kadar gula darah dan menjaganya agar tidak meningkat dengan cepat. Tapi, hal tersebut saja tidak cukup mengingat kesehatan mental juga mampu membuat kadar gula dalam darah meningkat. Untuk itu, para penderita diabetes melitus dianjurkan untuk menghindari stress.

Saat tubuh kita mengalami stress, maka tekanan darah dan jantung akan memompa darah lebih kencang. Hal ini akan membuat kadar gula dalam darah jadi meningkat dan menimbulkan risiko penyakit lainnya seperti darah tinggi. Untuk menghindari stress, Anda bisa menarik nafas sejenak dan mengeluarkannya secara perlahan agar tubuh jadi terasa lebih rileks. Gunakan juga musik yang menenangkan agar Anda bisa mendapatkan suasana hati terbaik yang bebas dari perasaan stress.

Posting Komentar

0 Komentar