Serba-serbi Asuransi Pendidikan yang Harus Kamu Tahu

Asuransi Pendidikan

Memberikan pendidikan yang terbaik adalah yang harus dilakukan setiap orang tua pada anaknya. Pendidikan yang baik bisa menjadi bekal anak untuk menggapai masa depannya yang cemerlang nanti. Oleh sebab untuk mewujudkan hal itu, saya memilih untuk melengkapi diri buah hati saya dengan asuransi pendidikan. Tapi, ketahui dulu hal ini, ya! 

Mengapa Harus Asuransi Pendidikan

Mungkin kamu berpikir, kenapa saya memilih asuransi pendidikan untuk mewujudkan keinginan memberikan pendidikan yang terbaik bagi buah hati saya, padahal ada cara lain yang mungkin lebih mudah. Sederhana saja sebenarnya, saya hanya merencanakan pendidikan yang terbaik untuk buah hati saya. 

Dengan adanya asuransi pendidikan, ia memberikan jaminan pendidikan untuk buah hati saya sekaligus bisa memberikan perlindungan tambahan seperti asuransi jiwa bagi mereka. Jadi, apabila suatu saat terjadi hal buruk pada saya, anggap saja saya meninggal dunia di usia muda, maka anak saya tetap akan bisa sekolah dengan layak. 

Sebab, asuransi pendidikan ini akan memberikan uang pertanggungan dan dana asuransi tetap akan diberikan meskipun nanti saya tak bisa lagi membayar premi karena hal tersebut. Begitulah rencana saya yang sebenarnya. Asuransi pendidikan ini bertindak sebagai perencanaan masa depan yang matang untuk buah hati saya. 

Bayangkan kalau saya menabung secara konvensional? Uangnya mungkin akan terkumpul untuk biaya pendidikan anak-anak saya ke depannya. Namun, kalau saya meninggal muda, siapa yang akan menjamin anak saya mendapatkan pendidikan yang baik? Bisa saja uang tersebut digunakan untuk hal lain seperti memenuhi kebutuhan hidup, kan?  

Alasan lain kenapa saya memilih asuransi pendidikan ini adalah karena bisa memberikan rasa aman dan nyaman pada saya sehingga saya sekarang tak perlu khawatir lagi dengan biaya pendidikan yang makin tahun makin tinggi. Walaupun kini sudah banyak bantuan dana dari pemerintah, namun belum tentu anak saya mendapatkannya. 

Serba-serbi Asuransi Pendidikan 

1. Produk Asuransi Gabungan
Sebelum kamu memutuskan membeli asuransi pendidikan seperti saya, ada baiknya kamu mengetahui berbagai hal mengenai asuransi pendidikan lebih dulu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan produk asuransi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu yang harus kamu ketahui adalah produk asuransi gabungan. 

Apa itu? Asuransi gabungan ini sebenarnya adalah gabungan dari produk asuransi jiwa berjangka dengan investasi atau tabungan. Jika kamu memilih asuransi gabungan ini untuk pendidikan anak, nantinya perusahaan asuransi akan menanggung uang pertanggungan jika kamu meninggal dunia. 

Dana akan tetap dibayarkan namun yang berbeda adalah perusahaan asuransi yang melakukannya. Dengan begitu, anak kamu akan tetap bisa menyelesaikan pendidikannya. Selain itu, kamu juga bisa memilih program tambahan fitur pembebasan premi atau ditabungkan sampai anak lulus kuliah bila kamu mengalami risiko yang tak diinginkan. 

Untuk apa mengambil ini? Perlindungan yang satu ini bisa berguna untuk mencegah terjadinya risiko bahwa biaya pendidikan yang ditanggung perusahaan asuransi hanya sampai jenjang pendidikan tertentu saja. 

2. Potensi Pengembangan Dana Maksimal
Hal lain yang harus kamu ketahui tentang asuransi pendidikan ini adalah adanya potensi pengembangan dana yang lebih maksimal. Jenis ini bisa kamu temukan pada unit asuransi unit link. Melalui asuransi ini, premi yang kamu bayarkan akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi dalam bentuk lain yang enak diolah oleh perusahaan manajer investasi. 

Pada umumnya, instrumen yang digunakan untuk investasi ini adalah ekuitas, obligasi dan pasar saham. Hasil keuntungan dari investasi ini akan digunakan untuk mendanai biaya asuransi serta biaya lainnya. Selisih dari keuntungan tersebut nantinya akan menjadi milikmu yang dicairkan dalam bentuk dana pendidikan. 

Hanya saja, yang tak mengenakkan dari model asuransi ini adalah apabila harga pasar saham sedang anjlok, maka kamu akan dikenakan tambahan dana karena hasil investasi tak bisa menutupi biaya asuransi. Jika hal ini terus berlangsung, maka dalam waktu tertentu masa perlindungan akan segera berakhir. 

3. Biaya Premi yang Harus Dibayarkan
Kamu juga harus mengetahui tentang biaya premi yang harus dibayarkan. Hal ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan uang pertanggungan yang akan didapat. Pastikan saat memilih asuransi pendidikan, kamu juga menyesuaikan biaya premi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. 

Jika kamu hanya ingin menyekolahkan anak di sekolah biasa dengan taraf biasa, maka kamu bisa mengambil asuransi dengan premi ringan saja. Namun, kalau kamu ingin menyekolahkan anak hingga ke luar negeri dan kalau bisa ke tempat terbaik, kamu harusnya mengambil asuransi berpremi besar. 

Kalau bisa, pilihlah asuransi yang menggunakan mata uang dolar saja. Meski tidak terlalu banyak, namun kamu bisa menemukan produk asuransi yang seperti ini. Di Sequis misalnya. Kamu bisa memilih asuransi pendidikan yang sesuai untuk anak bahkan untuk pendidikan ke luar negeri. Ia adalah Sequis Global EduPlan Insurance. 

Program yang satu ini memberikan fleksibilitas masa asuransi dan uang pertanggungan bisa disesuaikan dengan tujuan kamu. Selain itu, asuransi yang satu ini juga memiliki nilai tunai dalam masa perlindungannya. Kalau kamu tertarik untuk memilih program ini, kamu bisa pilih metode pembayaran premi tahunan, semesteran, kuartalan hingga bulanan saja. 

4. Kapan Harus Membelinya
Sesuai dengan manfaatnya, sedini mungkin adalah waktu terbaik untukmu membeli asuransi pendidikan untuk anak. Bahkan, ada asuransi pendidikan yang bisa dibeli ketika anak baru lahir. Sedangkan bila kamu ingin usia maksimal saja, sebenarnya tak ada usia maksimal yang pasti. Hal itu tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. 

Perbedaan dalam waktu memulai membeli asuransi ini memiliki dampak pada jumlah premi yang harus dibayarkan. Jika kamu membeli asuransi sejak masih kecil, maka biaya preminya akan lebih rendah. Sebaliknya, jika kamu membelinya di usia anak yang sudah besar, maka biaya premi yang harus dibayarkan akan semakin tinggi. 

Dari sekian banyaknya asuransi pendidikan yang bisa saya temukan, saya lebih memilih untuk menggunakan asuransi Sequis saja. Asuransi ini memberikan banyak sekali pilihan produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan kamu. Namun, hal yang harus kamu perhatikan adalah program ini butuh komitmen jangka panjang. 

Jangan sampai kamu berubah pikiran di tengah jalan dan berhenti membayar premi karena hal itu bisa membuat kamu rugi. Oleh sebab itu, pelajari sebaik mungkin agar tak muncul kesalahpahaman di kemudian hari. Di Sequis, kamu bisa bertanya mengenai serba-serbi asuransi pendidikan oleh assistant via live chat yang siap melayani kamu. 

Kamu bisa memperoleh informasi selengkapnya mengenai produk yang diinginkan hanya dengan mengunjungi laman Sequis saja. Selain itu, juga bisa menghubungi nomor telepon di (6221) 2994 2929 saja. 

Nah, bagaimana? Kamu masih berpikir nanti-nanti soal asuransi pendidikan? Padahal, asuransi ini memiliki banyak sekali manfaat untukmu dan buah hatimu, lo! Jangan sampai karena keegoisanmu, kamu melupakan pendidikan anak. Salah-salah, pendidikan anakmu bisa bermasalah ke depannya karena kamu tak mempersiapkannya sejak awal.

Posting Komentar

0 Komentar