Jangan Lakukan Hal ini Ketika Anda Mengambil Kredit Motor!

Sepeda motor saat ini menjadi alat transportasi yang sudah banyak dipilih masyarakat. Ini bisa dilihat dari banyaknya sepeda motor yang ada di jalanan, apalagi di kota besar. Tidak heran jika ada pula yang menginginkan membeli sepeda motor ini baik secara cash atau secara kredit motor. Kredit motor termurah menjadi yang paling sering dicari para calon pembeli motor. 

Kredit Motor Termurah


Apalagi saat ini proses untuk mengajukan kredit motor sangatlah mudah, sehingga akhirnya banyak pula yang tertarik untuk membeli motor dengan cara kredit. Syarat untuk mengajukan kredit pun sangat simple. Anda hanya perlu mempunyai data lengkap dan penghasilan bulanan.

Akan tetapi, walaupun ingin mendapatkan kredit motor termurah, Anda juga perlu cermat dan teliti ketika kredit motor. Jika melakukan kesalahan, yang ada Anda akan merasa rugi dikemudian hari. 

Berikut ini beberapa kesalahan ketika kredit motor yang perlu untuk Anda hindari :

1.    Tidak Menghitung Keuangan
Kesalahan pertama yang mungkin saja Anda lakukan ketika kredit motor yaitu tidak menghitung keuangan Anda sendiri. Alangkah baiknya Anda melakukan hal ini sebelum memutuskan membeli motor secara kredit. 

Hitung terlebih dahulu berapa besaran uang muka, cicilan per bulan yang harus dibayarkan, serta total pembayarannya. Penghitungan keuangan ini sangat penting untuk dilakukan agar nantinya Anda tidak akan terlilit hutang yang malah merugikan.

Perhitungan cicilan yang ideal yaitu 30% dari gaji yang Anda miliki. Jadi jika ternyata besar cicilan yang Anda pilih lebih besar daripada 30% gaji Anda, maka lebih baik tunda keinginan untuk kredit motor atau gantilah motor yang akan dibeli. Jika tidak, bisa saja pengaruh buruk akan datang di keuangan Anda.

2.    Memilih perusahaan leasing palsu
Saat ini sudah banyak tersedia perusahaan leasing. Mereka tentunya  berlomba-lomba mengklaim dirinya menyediakan kredit motor termurah. Tidak jarang, perusahaan tersebut juga memberikan banyak kemudahan, seperti bunga rendah, dana kredit cepat cair, uang muka murah, dan tenor pinjaman yang lama. Namun, Anda jangan sampai mudah tergoda dengan hal tersebut.

Teliti terlebih dahulu perusahaan leasing yang akan dipilih. Ketahui apakah perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang baik atau tidak. Anda juga bisa mengecek apakah perusahaan itu sudah masuk dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Dengan begitu, maka keamanan dari perusahaan leasing lebih terjamin. 

3.    Memilih jangka waktu kredit yang paling panjang
Karena banyaknya perusahaan leasing saat ini, tentu mereka semakin berlomba-lomba meringankan beban para pembelinya. Biasanya perusahaan leasing tersebut akan memberikan penawaran uang muka rendah dilengkapi dengan jangka waktu cicilan yang sangat panjang, alhasil biaya cicilannya pun semakin kecil. Walaupun sepertinya menguntungkan, namun ternyata hal ini bisa merugikan Anda di kemudian hari. 

Karena meski cicilan yang akan Anda bayarkan kecil, namun bunga akan semakin banyak dan otomatis hutang juga semakin banyak. Maka dari itu yang perlu diperhatikan yakni besar bunga cicilan, bukan berapa besar cicilan yang akan dibayarkan. 

4.    Tidak memperhatikan tanggal pembayaran
Terkadang ada orang yang kurang menghiraukan hal ini. Pembayaran cicilan bulanan harusnya dibayarkan sebelum atau ketika tanggal pembayaran yang sudah ditentukan. Namun biasanya banyak orang yang telat membayar cicilan bulanan, padahal hal ini akan membuat Anda membayar denda.

Biaya denda yang Anda bayar akan membuat hutan semakin besar. Maka dari itu perhatikan waktu Anda harus membayar cicilan bulanan dan juga cari tahu berapa besar biaya denda yang harus dibayarkan jika Anda telat membayar.

Demikian beberapa kesalahan yang perlu untuk Anda hindari ketika kredit motor. Perhatikan juga perusahaan leasing yang terbaik agar Anda bisa mendapatkan kredit motor termurah yang tentunya tidak akan merugikan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar