5 Alasan Anda Harus Melakukan Total Knee Replacement

Lutut

Terdapat dua jenis operasi yaitu Partial Knee Replacement dan Total Knee Replacement (TKR). Partial Knee Replacement atau penggantian lutut sebagian dilakukan dengan mengganti bagian sendi yang rusak saja dan membiarkan area yang sehat. 
 
Sedangkan Total Knee Replacement atau operasi penggantian lutut total adalah operasi yang dilakukan dengan melepas semua atau sebagian sendi lutut untuk digantikan dengan sendi buatan. Tindakan ini diambil apabila pasien telah menjalani berbagai jenis pengobatan namun belum juga sembuh. Berikut beberapa alasan sudah saatnya Anda menjalani operasi TKR.
 
1.    Cacat Lutut
Cacat lutut atau kerusakan pada sendi lutut baik disebabkan karena bawaan sejak lahir ataupun karena gangguan lain dapat membatasi gerak tubuh Anda sehari-hari. Bagi Anda yang mengalami cacat lutut, operasi TKR sangat dianjurkan untuk mengganti bagian sendi yang rusak secara keseluruhan agar fungsi lutut kembali normal dan Anda dapat beraktivitas dengan nyaman. 
 
2.    Radang Sendi Menahun
Cedera yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan masalah lain di kemudian hari. Keadaan tersebut membuat Anda rentan terkena radang karena sendi belum sembuh dengan sempurna. Jika terus dibiarkan maka hal tersebut dapat menyebabkan sendi mengalami pengikisan bantalan di persendian lutut menyebabkan nyeri yang luar biasa pada lutut.  
 
3.    Bentuk Lutut Berubah
Perubahan bentuk lutut yang disertai nyeri hebat menjadi pertanda bahwa Anda memasuki osteoartritis stadium lanjut. Dokter Spesialis Bedah Ortopedi RS Premier Surabaya Dr. Ketut Martiana, Sp.OT mengatakan bahwa lutut yang bengkok atau sering disebut ‘letter O’ ketika dilakukan rontgen akan terlihat bahwa tulang rawannya rusak sehinggan membutuhkan TKR. 
 
4.    Cedera Ligamen
Cedera ligamen dapat terjadi saat Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Hal ini dapat menyebabkan fungsi sebagian lutut terganggu hingga menyebabkan perubahan permanen pada kemampuan gerak seseorang. Penyebabnya antara lain: lutut terkena benturan yang keras, melebarkan lutut terlalu jauh, serta melompat dan mendarat dengan lutut menekuk. 
 
5.    Kesulitan Berjalan, Menaiki Tangga, dan Nyeri Sendi Saat Malam Hari
Banyak orang mengganggap bahwa nyeri lutut yang mereka rasakan itu wajar. Hal ini tentu berbeda apabila Anda mengalami nyeri lutut yang amat sangat sehingga membuat Anda kesulitan ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan dan menaiki tangga. Jika saat Anda beristirahat lutut tetap terasa nyeri, hal tersebut pertanda bahwa Anda mengalami Osteoartritis.
 
Berdasarkan rincian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa TKR dilakukan apabila sendi lutut Anda benar-benar parah. Estimasi biaya operasi TKR tentu berbeda dengan biaya operasi Partial Knee Replacement. 
 
Apabila Anda yang bingung dengan biaya, jangan khawatir karena dokter.my menawarkan paket biaya operasi TKR dengan harga terjangkau mulai dari 70 juta untuk sekali operasi. Setelah itu Anda dapat merasakan kembali nikmatnya beraktivitas tanpa merasakan nyeri lutut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.