Tips Agar Cepat Hamill Setelah Menggunakan KB

Pola Hidup Wanita Cepat Hamil Setelah KB
Menggunakan KB memang bagus untuk pasangan yang sudah menikah, selain itu program KB memang sudah dicanangkan oleh pemerintah melalui BKKBN.

Ada beberapa 4 alasan dari pemerintah kenapa harus menggunakan kontrasepsi, diantaranya adalah ; terlalu muda, terlalu tua, terlalu banyak dan jarak terlalu dekat. Alat kontrasepsi selain bermanfaat untuk menunda kehamilan juga bermanfaat untuk mencegah penularan penyakit seksual.

Namun beberapa alat kontrasepsi dapat membuat pemakainya menjadi sulit hamil, terutama pada KB suntik, kebanyakan yang mengeluh menjadi sulit hamil adalah wanita yang menggunakan KB suntik 3 bulanan, tapi bukan berarti si wanita menjadi tidak subur lagi.

Yang perlu dipahami disini adalah KB suntik tidak membuat wanita menjadi tidak subur lagi, tapi hanya mencegah kehamilan, KB suntik sendiri bekerja dengan cara menekan hormon sehingga telur tidak berovulasi, tapi setelah program KB dihentikan maka perlahan si wanita bisa hamil kembali, hanya saja untuk mencapai masa subur diperlukan waktu yang cukup, dengan kata lain semakin lama menggunakan KB maka akan semakin lama juga mengembalikan masa subur wanita. 

Ada beberapa tips cepat hamil setelah KB yang bisa diikuti, antara lain :

1. Suplemen

Meminum suplemen penyubur kandungan dapat membantu mengembalikan masa subur wanita, biasanya suplemen untuk kesuburan mengandung vitamin E atau zinc, kedua zat ini memang dikenal untuk kesuburan pria maupun wanita. Selain itu ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen penyubur.

2. Jaga Pola Hidup

Sebaiknya setelah berhenti menggunakan KB hindari juga penggunaan rokok, alkohol dan kafein jika memang ingin hamil kembali. Alkohol sendiri dikenal dapat merusak kesuburan dan berbahaya bagi janin, selain itu zat nikotin yang terkandung didalam rokok dapat menyebabkan ketagihan, sikap cemas dikarenakan ketagihan rokok inilah akan mengakibatkan hormon tidak seimbang sehingga akan sulit hamil.

3. Hindari stress

Sikap stress dan berpikir terlalu hiperbola terhadap suatu permasalahan juga sebaiknya dihindari, karena dapat membuat hormon tidak seimbang, sehingga akan mengganggu sistem reproduksi, karena itu hindari segala penyebab stress

4. Olahraga

Berolahraga secara teratur juga penting untuk menjaga kesehatan reproduksi, selain itu dengan berat badan ideal akan mempermudah kehamilan.

5. Lakukan Fase Istirahat

Cara kerja KB suntik adalah dengan cara menekan kalenjer endokrin, jadi sebaiknya jangan menggunakan KB hormonal ini terus menerus, tapi selingi dengan KB non hormonal seperti spiral atau kondom sebagai fase istrahatnya sekitar 1-2 bulan agar kalenjer endokrin dapat bekerja lagi.

6. Hitung Masa Ovulasi

Sebaiknya lakukan frekuensi berhubugan intim selama masa ovulasi agar kemungkinan terjadinya kehamilan menjadi lebih tinggi, ini bisa dilakukan jika Anda sudah mengalami menstruasi, masa ovulasi sendiri biasanya terjadi antara 12 sampai 14 hari sebelum terjadi haid, namun setiap wanita memiliki rentang waktu yang berbeda-beda, karena itulah penting untuk memiliki penanggalan menstruasi.

7. Konsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan sudah dikenal sebagai sumber berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh manusia, karena itulah mengonsumsi buah merupakan salah satu cara alami yang efektif agar cepat hamil, beberapa buah yang dapat Anda konsumsi untuk menyuburkan kandungan antara lain adalah tomat, wortel, dan alpukat.

8. Berkonsultasi Dengan Dokter

Jika beberapa cara diatas tak kunjung membawa Anda pada kehamilan maka Anda harus mulai memeriksakan diri ke dokter kandungan, jangan ragu untuk menceritakan kendala yang dialami selama menjalankan program kehamilan, biasanya dokter akan memberi saran sesuai dengan keluhan pasien.

Semoga artikel mengenai Cara agar Cepat Hamil di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan program kehamilan, terutama bagi yang baru lepas KB.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.