Siapa Sosok Muslimah Yang Tangguh?




Tak bisa disangkal lagi bahwa negara Indonesia memiliki jumlah penduduk yang kebanyakan beragama islam. Lebih dari 80 persen penduduknya memeluk islam sebagai agama kepercayaan. Dihitung dari jumlahnya, pemeluk agama islam di Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Maka tidak salah bila di negara ini, banyak sekali simbol dan ketentuan-ketentuan islam yang kemudian diadopsi dalam nilai-nilai, etika dan bahkan sebagai hukum. Sekalipun memang tidak semuanya. Meski demikian bukan berarti mudah untuk menjadi seorang muslimah di Indonesia di tengah arus globalisasi yang begitu kencang. 

Banyak tantangan yang harus di hadapi bila benar-benar ingin menjadi muslimah sejati. Tantangan itu terkadang juga datang dari mereka yang beragama islam sendiri. Maka menjadi muslimah yang tangguh bukanlah persoalan mudah. Urusan kecil saja terkadang masih sering jadi perdebatan. Misalnya penggunaan hijab. Beberapa perempuan muslimah mengalami gejolak pertentangan dalam diri takut-takut kalau menggunakan hijab, sisi cantiknya akan berkurang. 

Sosok Muslimah Yang Tangguh
Padahal untuk menjadi muslimah yang benar-benar tangguh ada sejumlah tantangan besar yang siap ditakhlukan. Semuanya tentu saja menguras air mata dan pengorbanan. Apa saja kah hal yang bisa kita lakukan agar menjadi muslimah tangguh? 

1. Berani Mengambil Sikap
Muslimah yang tangguh adalah muslimah yang berani mengambil sikap. Termasuk juga berani mengambil tindakan. Apapun masalah dan persoalan yang dihadapi, muslimah tangguh berani mengambil tindakan dengan segala resiko yang ada. Ia mempersiapkan segala kemungkinan buruk, sembari berdoa semoga jalan yang diambilnya adalah yang terbaik. 

2. Pendidikan Nomor Satu
Menjadi muslimah yang tangguh tidak bisa tanpa pendidikan yang memadai. Pendidikan tidak hanya bisa dilakukan dibangku sekolah atau jalur formal saja. Melainkan bisa dilakukan dimana saja asalkan mengajarkan nilai-nilai pengetahuan dan kebaikan. 

3. Pandai Membawa Diri
Bagaimanapun muslimah sejati tidak bisa disebut tangguh tanpa bisa membawa dirinya sendiri. Kapan ia harus tampil mewah dan kapan harus tampil sederhana. Kapan harus tampil wangi dengan vitalis dan kapan harus tampil seadanya saja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.