Ingin Membeli Kompresor AC Secara Online? Ini Dia Cara Menghindari Modus Penipuannya!

Transaksi secara online sekarang ini sudah menjadi sebuah trend di negara kita, apalagi masyarakat urban. Dengan berbagai macam kemudahannya, proses berbelanja secara online membuat diri kita menjadi semakin mudah dalam mencari kebutuhan sehari-hari. Bila ingin membeli produk yang dibutuhkan, kita hanya perlu membuka smartphone dan laptop kemudian terhubung di internet, proses pembelian barang yang kita ingini pun bisa menjadi sangat mudah. Kebutuhan barang yang bisa dibeli secara online bukan hanya di bidang fashion dan kecantikan. Namun elektronik seperti kompresor AC juga bisa Anda beli.

Kompresor AC

Agar mencegah penipuan secara online, kita harus lebih waspada melakukan transaksi bersama siapa saja via internet. Berikut beberapa tips menghindari penipuan secara online. Pertama, hindari harga murah. modus yang sangat sering dilakukan pemilik toko online palsu adalah menjual barang bagus dengan harga yang sangat murah, bahkan, harga yang ditawarkan jauh dari harga normal yang ada. Jika Anda menemukan seseorang atau toko yang menjual barang sangat murah, Anda harus waspada dan jangan mudah tergiur. Membandingkan harga barang dengan berbagai macam toko yang terkenal adalah cara menghindari penipuan yang mungkin terjadi.

Kedua, simpan bukti transfer. Jika Anda sudah yakin membeli kompresor AC tersebut dan Anda melakukan transfer biaya pembelian, pastikan menyimpan bukti transfer. Entah Anda melakukan transfer dengan SMS atau dengan menggunakan print out. Jangan sampai membuang bukti transaksi hingga barang sampai di rumah. bukti transaksi sangat dibutuhkan jika penjual meminta bukti transfer diberikan. Biasanya, ini terjadi pada penjual yang banyak orderan, sehingga mereka harus memverifikasi terlebih dulu. Selain itu bila Anda menjadi korban penipuan, bukti ini bisa digunakan untuk melaporkan penipu.

Ketiga, jangan hanya terpaku hanya pada testimoni atau review. Banyak dari mereka yang menganggap jika testimoni yang diberikan adalah testimoni dari pembeli. Padahal anggapan tersebut tidak semua benar karena banyak oknum, situs belanja online yang mencantumkan testimoni palsu di web mereka untuk mengelabui korban. Sudah tidak bisa terhitung lagi, berapa banyak orang yang terlena pada testimoni tersebut. Penipu biasanya menggunakan kepolosan pembeli, dibagian testimoni akan diberi testimoni palsu yang dibuat oknum penipu agar bisa memancing pembeli untuk segera bertransaksi.

Keempat, minta foto barang yang akan Anda beli. Ada begitu banyak trik yang dilakukan para penipu untuk mengambil keuntungan. Salah satunya dengan mengirimkan barang yang kurang sesuai dengan yang Anda beli. Banyak kasus penipuan yang terjadi. Penipu mengirimkan kardus kosong pada pembeli. Pasti Anda tidak ingin mengalami hal ini bukan? Untuk menghindari penipuan ini, lebih baik Anda meminta toko tersebut, minta foto barang lebih dari 1 foto agar bisa memastikan apakah penjual memang memiliki barang tersebut atau tidak.

Terakhir, gunakan rekber. Pilihan menggunakan jasa pihak ketiga begitu direkomendasikan jika Anda dan penjual tidak bisa bertemu secara langsung. jasa seperti pihak ketiga ini ialah rekening bersama. Jasa rekber akan menjaga proses transaksi menjadi benar-benar aman. Biasanya jasa ini digunakan penjual serta pembeli yang tidak ingin ditipu. Tetapi, untuk menggunakan jasa rekber akan dikenai biaya dalam jumlah tertentu. Menggunakan jasa rekber murah, Anda sebagai seorang pembeli hanya mentransfer sejumlah uang ke jasa rekber, kemudian jasa rekber akan memberi uang tersebut pada penjual setelah barang kompresor AC Anda terima. Mudah dan aman bukan?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.