Siapkan Makanan Ini Untuk Mencegah Diabetes

Makanan merupakan salah satu yang harus dikontrol oleh pengidap diabetes supaya kadar gula darah tetap stabil. Untuk itu para pengidap diabetes harus tahu mana makanan yang bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah dan mana yang bisa menurunkannya. Aktifitas seperti olahraga rutin, pola makan yang benar, istirahat yang cukup serta menjauhi stres adalah langkah yang baik untuk mengontrol gula darah. Pengidap diabetes memang sebaiknya membatasi konsumsi gula dan karbohidrat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. berikut ini merupakan beberapa jenis makanan untuk diabetes yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh simak ulasanya berikut ini. 
 
1.Pare 
Makanan Sehat Guesehat.com

Pare umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya Asia. Rasa pahit dalam pare bisa menurunkan kadar gula darah, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya. 

2. Dark Chocolate
Pilih dark chocolate yang lebih tinggi kandungan senyawa flavonoid-nya. senyawa flavonoid bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan kestabilan kadar gula darah. Dark chocolate mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga konsumsinya tetap harus dibatasi. Selain itu, periksa juga kandungan gula dari dark chocolate karena umumnya dark chocolate ditambahkan gula agar rasanya lebih disukai. 

3. Kayu manis
Mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Kayu manis bisa membantu Anda menggunakan lebih sedikit gula dalam masakan dan sudah termasuk dalam minuman kopi Anda. Karena ini menambah rasa alami, juga terkandung di dalamnya antioksidan. 

4.Kunyit
Kunyit juga diyakini memiliki efek baik untuk menurunkan gula darah. Kandungan kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit diketahui dapat terlibat dalam mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. 

Makanan untuk diabetes tidak identik dengan rasa hambar saja, mengkonsumsi buah-buahan masih bisa dilakukan oleh penderita diabetes, buah-buahan segar bisa menjadi sumber serat, vitamin, dan mineral bagi penderita diabetes. Serat tersebut akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta tidak terlalu memberikan lonjakan gula darah yang tinggi. asalkan jumlahnya tidak berlebihan dan turut diseimbangkan dengan konsumsi bahan makanan bergizi lainnya. Apalagi bagi wanita yang harus bisa menjaga dari terkena penyakit seperti kanker rahim, maka dari itu harus diketahui penyebab kanker rahim dengan membacanya disini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.