Apakah AC Harus Rutin Diservice? Simak Penjelasannya!

Service AC Sejasa

Saat ini AC berperan sebagai salah satu kebutuhan pokok di berbagai macam bentuk kehidupan masyarakat pada saat ini. Mungkin Anda sering mendengar saran bahwa sekitar tiga sampai empat bulan sekali, Anda perlu melakukan service AC secara rutin. Ini tentu banyak menimbulkan pertanyaan, mengapa harus diservice sedangkan keadaannya masih baik-baik saja sehingga banyak yang meragukan sehingga tidak melakukan hal ini. Ternyata di balik itu, ada beberapa alasan mengapa kita harus rutin melakukan Service AC Jakarta Selatan.

Prinsip Kerja
Air Conditioner memiliki fungsi untuk membuat udara lebih sejuk. Hal ini berkaitan dengan cara kerja AC itu sendiri. AC harus tetap dibersihkan meskipun masih bisa mengeluarkan udara yang dingin, hal ini dikarenakan prinsip kerja AC tersebut berfungsi untuk mensirkulasi udara di ruangan.

Cara kerja AC tersebut adalah dengan menghisap udara panas dari ruangan dengan bantuan kipas atau fan dari unit indoor AC. Di mana dalam proses tersebut, debu dan udara kotor dari dalam ruangan akan ikut terhisap untuk dikeluarkan. Selanjutnya, debu dan udara kotor tersebut juga akan menempel pada filter dan evaporator. Selain udara kotor, mungkin saja akan ada bakteri atau virus penyebab penyakit yang akan terus menerus berada di ruangan karena sirkulasi udara tersebut dan akan berdampak pada kesehatan. Jika hal tersebut terus menerus dibiarkan, tentunya akan mengganggu dan menurunkan kinerja AC tersebut.

Lebih awet
Ketika Anda rutin untuk melakukan service AC sekitar tiga sampai empat bulan sekali, ini akan membantu membuat AC Anda menjadi lebih awet. Hal ini karena jika AC bekerja dalam kondisi yang bersih, akan membantu kerja mesin AC Anda menjadi lebih ringan. Selain itu, dengan rutin melakukan pengecekan, jika ternyata ditemukan beberapa kerusakan maka akan bisa langsung segera diperbaiki dari pada menunggu kerusakan itu menjadi semakin parah. Semakin cepat diketahui kerusakannya, maka akan semakin murah biaya perbaikannya karena kerusakannya yang kecil.

Selain itu, bagian kondensor mesin outdoor AC yang kotor karena letaknya di luar rumah sehingga cepat kotor ini lah yang akan menyebabkan pelepasan panas freon yang telah dikompresi menjadi tidak maksimal. Hal ini membuat kerja kompresor lebih berat  karena konsumsi arus listrik naik dan menyebabkan boros listrik dan yang juga bisa membuat kompresor menjadi overheat atau kepanasan yang berujung pada kerusakan pada mesin.

AC kotor
Debu dan kotoran kecil dapat menyebabkan mesin AC menjadi kotor. Selain menyebabkan kerja AC yang menjadi berat, ini juga akan memberatkan kerja mesin kompresor yang pada akhirnya mengakibatkan ampere atau kekuatan kompresor tersebut menjadi naik dan melebihi batas maksimal. Ketika hal itu terjadi, maka AC tersebut dapat sering mati-hidup. Ini lah yang menyebabkan suhu AC menjadi tidak dingin dan memperpendek umur masa pakai AC tersebut. Karena itu lah, AC harus secara rutin diservice agar tidak cepat rusak juga.

Karena bagian-bagian mesin AC tersebut sudah dibersihkan, maka udara yang dikeluarkan oleh AC tersebut adalah udara bersih yang sudah terbebas dari debu-debu dan udara yang kotor lainnya.

Perlu perawatan
Layaknya motor atau mobil, di mana kedua jenis kendaraan tersebut perlu melakukan service atau perawatan rutin ketika sudah mencapai beberapa kilometer perjalanan, AC juga perlu melakukan service setelah beberapa bulan pemakaian. Tepatnya sekitar tiga sampai empat bulan.

Meskipun terkadang kedua jenis kendaraan tersebut masih nyaman untuk dikendarai, namun tetap harus melakukan perawatan. Begitu pula halnya yang terjadi dengan AC yang merupakan salah satu jenis peralatan elektronik yang membutuhkan perawatan secara rutin. Tentunya dengan alasan agar AC lebih terawat sehingga dapat mendinginkan ruangan dengan sempurna

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.