Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Karier

memulai karier

Dunia kerja adalah dunia keras yang sangat berbeda seperti dunia sekolah yang selama ini pernah anda jalani, berbagai persiapan matang harus disiapkan sebelum anda memulai karier, seperti yang maladiestelecharger.com kutip dari liputan6 berikut.
Bagi Anda yang baru saja lulus dari perguruan tinggi dan akan merasakan dunia kerja untuk pertama kalinya, simak dulu tulisan ini. Pada masa awal bekerja, Anda masih akan begitu bersemangat, merasa berani melewati segala tantangan yang ada di depan.

Namun, bagi Anda yang telah merasakan dunia kerja selama bertahun-tahun, ada beberapa hal yang Anda rasa seharusnya diketahui sebelum mulai bekerja. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memasuki dunia kerja.

1. Tidak ada satu orang pun yang peduli terhadap gelar sarjana Anda
Kecuali jika Anda telah bekerja di satu bidang khusus, tidak ada orang yang akan peduli tentang apa yang Anda pelajari dan di mana. Apa yang mereka pedulikan adalah etika Anda dalam bekerja, dan bagaimana pencapaian Anda selama bekerja.

Mereka peduli terhadap ide-ide baru, hasil kerja berkualitas dengan waktu yang telah ditentukan, dan bahwa Anda adalah rekan kerja yang baik untuk diajak bekerja sama.

Ingatlah, penting untuk terbentuk melalui pekerjaan yang dilakukan. Namun lebih penting untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, kerja sama yang baik dengan tim dan memiliki etika bekerja yang kuat.

Pekerjaan pertama bukan tentang kecerdasan, tapi tentang bagaimana Anda menyiapkan dan membuktikan diri. Akan ada waktunya perjuangan membuat skripsi beratus-ratus lembar itu terbayar nanti.

2. Ketahui nilai Anda sendiri, buktikan setiap waktunya
Singkatnya, penting untuk menjadi seorang oportunis. Ketika sebuah kesempatan muncul dan hal itu berhubungan dengan kemampuan Anda, maka ambilah.

Kerjakan proyek itu seperti sebelumnya belum pernah mengerjakan apa pun. Buktikan nilai diri Anda kepada tim tidak hanya dengan pengetahuan dan kemampuan, tapi juga keberanian dan dedikasi untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Hal tersulit dari pengalaman pertama bekerja adalah semua orang menggunakan hal ini untuk membuat Anda terpuruk. Mereka akan membuat Anda sibuk dengan segelas kopi dan tumpukan dokumen, sampai Anda lupa bahwa Anda mampu melakukan hal yang lebih besar.

Jangan lakukan hal ini. Jika tidak ada orang yang menghargai Anda, hargai diri sendiri. Ambil inisiatif untuk mengambil bagian besar di dalam sebuah tim. Ini akan membantu memperbaiki resume.
Angkat Tangan

3. Angkat tangan
Ini penting. Tidak hanya dapat dilakukan di dalam sebuah rapat, tapi juga negosiasi gaji, lowongan pekerjaan dan pekerjaan apa pun.
Akan ada beberapa kesalahan di dalam sebuah pekerjaan, dan tidak ada yang berbicara? Angkat tangan Anda dan bicaralah.
Ada yang berbuat tidak adil? Anda merasa tidak setuju? Angkat tangan.

Bicaralah, dan ambil pekerjaan sebanyak mungkin. Ini hanya akan membuktikan seberapa baik dan pedulinya Anda terhadap apa yang sedang dikerjakan.

Di luar itu, penting melakukan hal ini untuk diri Anda sendiri. Jangan khawatir untuk memuji dan mencalonkan diri sendiri ke level yang lebih tinggi. Anda hanya memberi kesempatan kepada diri sendiri untuk meraih apa yang dicita-citakan.

4. Jadilah sopir yang baik untuk diri sendiri
Membaurlah. Jadikan diri Anda mudah untuk menerima pekerjaan-pekerjaan baru, membuat pertemanan baru, dan mendapatkan gosip terbaru di kantor. Namun, berlakulah dengan elegan.

Para atasan biasanya melakukan promosi berdasarkan karakter dan penilaian orang lain terhadap Anda. Membuat persahabatan dan membentuk kepercayaan membuat Anda mengetahui siapa saja yang bisa dipercaya dan siapa yang tidak. Jaga rahasia Anda sendiri, jadilah profesional, dan ingatlah bahwa tidak ada yang dapat dipercaya.
Blokir orang yang ingin menjatuhkan Anda

5. Semua orang akan berusaha menjatuhkan Anda, blokir mereka
Sebelum mulai bekerja, mungkin Anda akan berharap bahwa ada orang yang dapat memberi tahu tentang liciknya politik dalam dunia kerja. Sebenarnya hal ini terjadi di mana saja. Orang akan selalu berusaha menjatuhkan, di saat Anda sedang berusaha untuk bangkit sendirian.

Mungkin ini juga menjadi bagian tersulit dari transisi masa perkuliahan ke dalam dunia kerja. Di dunia nyata, orang-orang sulit memaafkan, terutama jika Anda sedang berkompetisi. Yang lain akan bersikap dan berkata-kata manis di depan, dan menuduh diam-diam.

Mereka akan membentuk opini sendiri dan menggunakannya untuk menjauhkan Anda dari kesuksesan. Yang terpenting adalah bangun kepercayaan diri yang kuat untuk memblokir orang-orang ini. Dengan bersikap sopan, profesional dan selalu positif, Anda tidak akan pernah salah.

6. Tepat Waktu
Untuk semua hal, belajarlah untuk selalu tepat waktu. Lakukan saja, jangan membuat banyak orang bertanya-tanya tentang Anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.